belajar dari pengembala

ketika orang lain sibuk dengan pelajaran ia sibuk dengan hewan gembalaan, ketika orang lain sibuk dengan buku pelajaran ia sibuk dengan cangkul dan sabit. ketika orang lain pergi ke sekolah, ia pergi ke sawah untuk membantu orang tua. ketika oran lain santai, beristrahat, menikmati tidur siang, ia harus mengeluarkan hewan gembalaan dan menjaganya agar tidak lari ke kebun milik orang lain.

sungguh malang nasibnya.

terkadang ia hanya mampu melihat mereka yang berseragam dan dengan cerianya berangkat dan pulang dari sekolah. di saat mereka jalan-jalan menggunakan kendaraan, ia hanya bisa menunggangi gembalaanya tesebut. keluar pagi hari, siang hari pulang ke rumah sebentar, untuk menunaikan kewajiban. kemudian harus berangkat ke hutan lagi. jika dihitung sama saja dengan keluar pagi hari pulang sore hari.

di saat orang-orang sudah pada mandi dan wangi, sedangkan ia baru saja pulang dari aktivitasnya. pada pukul 17.00 ia biasanya pulang, dengan kondisi badan yang bau, karena dari pagi hingga siang badannya bercampur dengan keringat.

tetapi walaupun demikian ia tetap bangga dan berusaha terus memacu dirinya untuk terus lebih baik. baginya seorang rasul saja yang mendapat gelar utusan allah adalah seorang pengembala juga. tetapi beliau mampu menjadi orang yang sukses dan menjadi pemimpin tersukses dalam kepemimpinannya hinga terkenal seluruh umat manusia.

kenapa orang yang memiliki harta yang lebih, tetap merasa tak pernah cukup. padahal ada yang di bawah mereka yang jauh lebih kesulitan, untuk mencari makan saja sangat sulit. sedangkan ia untuk makan sangat mudah, cukup memilih menu yang diinginkan.

lebih baik jadi pengembala yang sederhana daripada jadi orang kaya yang tak bisa mendapatkan ketenangan hidup. so, jadilah pribadi yang sederhana dan penuh kedamaian.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s