kaya sesungguhnya tidak sombong

banyak yang terjebak dengan harta, bahkan ada yang menjadi buta karena harta. harta memang mampu membuat semua orang menjadi berubah, yang tadinya baik bisa menjadi jahat, yang tadinya teman bisa menjadi musuh [lawan]. banyak buktinya dan sudah menjadi rahasia umum jika kebanyakan orang berubah ketika sudah terbuai dengan yang namanya harta/kekayaan.

dalam satu kisah, diceritakan ada seseorang yang mencari kekayaan. kemudian ia menembus hutan yang akngker dengan tujuan agar bisa bertemu dengan raja jin. ditengah perjalanan ia menemukan sebuah emas yang begitu besar kira-kira seperi peti mati, kemudian dengan susah payah ia membawanya.

sesampai di rumah ia tak bisa tenang, lantaran ia bingung dengan emas yang begitu besar. ia harus bawa kemana, sedangkan besarnya seperti itu. ketika malam tiba ia merasa gelisah, ia tak bisa tidur.  lantaran dalam benaknya adalah jika emas ini ada yang mencuri bagaimana? jika ia ingin keluar rumah untuk melakukan aktifiatas lain ia menjadi tambah khawatir. lagi-lagi pikiran itu terus menghantuinya.

karena ia merasa tidak tenang dengan semua ini, akhirnya ia merenung dan berfikir bahwa hidupnya lebih tenang, jauh lebih damai sebelum memiliki emas tersebut. akhirnya tanpa pikir panjang ia mengembalikan emas tersebut ke tempat asalnya. ia pun akhirnya tidak pernah kemabli untuk berfikir menjadi orang yang banyak harta, tetapi baginya adalah hidup menajdi orang biasa dan menalani hidup dala kecukupan adalah sebuah kebahagiaan dan kedamaian.

dalam kisah lain, ada seorang tukang becak yang ketika itu ia mengikuti lotre. tanpa ia sadari ternyata ia memenangkan undian lotre tersebut, hadiah lotre tersebut sebesar 1 milyar. karena ia hanya tukang becak, dan manajeman keuangan yang buruk bahakan tidak tahu akhirnya uang tersebut dalam jangka 1 bulan sudah habis. pertanyaanya adalah kok bisa uang sebanyak itu habis??  diantara penyebabnya adalah sebagai berikut :

pertama, ia adalah tukang becak yang kehidupan sehari-harinya dengan uang pas-pasan. uang yang paling ia punya dalam sehari bisanya paling besar 15rb – 20rb. sehingga pada saat memegang uang sebanyak itu menjadi kaku, pikiranyanya pendek dan yang ada dalam dirinya adalah belanja dan belanja untuk memenuhi kebutuhannya. kedua, karena ia hanya seorang tukang becak, yang ia bisa hanya mengayuh becak. ia membeli mobil mewah seharga 250juta, namun sayang tak mampu ia mengendarainya. jadi yang ada dalam dirinya adalah pamer dengan harta yang ia miliki, ia ingin menunjukan kepada setiap orang bahwa ia mampu menjadi orang kaya. ia membeli ruamh mewah dengan harga 500juta, sisanya ia belikan perbotan rumah tangga dan lain sebagainya.

akhirnya dalam jangka 6 bulan ia kembali menjadi tukang becak lagi. karena ia ia tak mampu membayar pajak barang-barang yang pernah ia beli. sehingga untuk membayar pajak tersebut ia harus mejual barang-barang yang pernah ia beli.

kesimpulannya adalah, orang kaya yang sesungguhnya adalah mereka yang tak pernah pamer dengan harta yang mereka miliki, melainkan mereka yang mampu hidup sederhana dalam hidupnya. kekayaan yang mereka miliki adalah untuk anak cucu mereka, yang telah disiapkan dan diputrakan setiap detik agar menjadi lebih banyak. sehingga harta tersebut semakin bertambah dan terus bertambah. masa depan adalah yang terpenting bagi mereka, keturunan mereka harus dapat mersakan kekayaan darinya, agar mereka mampu menjadi generasi penerus dalam keluarganya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s